Raharjo, Nanda Trio and Istan, Muhammad and Sholihin, Muhammad (2019) Pengaruh Relationship Quality terhadap Loyalitas Nasabah Baitul Mal Wat Tamwil Pat Sepakat Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf Download (5MB) |
Abstract
Persaingan yang kompetitif di dunia perbankan saat ini juga menuntut lembaga keuangan syariah non bank untuk mampu mempertahankan keberadaannya dengan memperhatikan, menciptakan, dan membina kualitas hubungan (relationship quality) yang baik sebagai upaya untuk memberikan kepuasan bagi nasabah, membuat nasabah tetap loyal, dan melakukan strategi-strategi pemasaran. Berdasarkan hipoteseis penelitian ini adalah bagaimanakah relationship qualityberpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah secara parsial dan dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat asosiatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Tempat penelitian dilakukan di Baitul Mal Wat Tamwil Pat Sepakat Curup dengan jumlah populasi 40 nasabah dan sampel 36 nasabah dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner, wawancara dan dokumentasi. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan uji parsial (uji t). Hasil uji secara parsial (Uji t) diketahui nilai t hitung sebesar 5,563, dan nilai tersebut menunjukkan lebih besar dari t tabel 2,032 (5,563 > 2,032), dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya variabel relationship quality berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah pembiayaan di BMT Pat Sepakat. Pengaruh kualitas hubungan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan BMT Pat Sepakat berdasarkan hasil uji determinasi (R2) diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,477, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (relationship quality) terhadap variabel terikat (loyalitas nasabah) adalah sebesar 47,7%. Hal ini menunjukkan bahwa 47,7% variabel loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh variabel relationship quality, sedangkan sisanya 52,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | relationship quality, loyalitas nasabah, BMT Pat Sepakat | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 09:13 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 09:13 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/883 |
Actions (login required)
View Item |