Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukkan Karakter Religius Siswa Melalui Praktik Sholat Duha dan Zuhur di Smp Negeri 7 Rejang Lebong

Dahlianty Siregar, Neriza and Masudi, Masudi and purna putra, hastha (2025) Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukkan Karakter Religius Siswa Melalui Praktik Sholat Duha dan Zuhur di Smp Negeri 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
file cetak kaset neriza ds.pdf

Download (5MB)
[img] Text
file cetak kaset neriza ds.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Neriza DahliAnty Siregar NIM. 21531104 “Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukkan Karakter Religius Siswa melalui Praktik Sholat Duha dan Zuhur di SMP Negeri 7 Rejang Lebong”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Angkatan 2021 IAIN Curup, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya metode guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembiasaan praktik sholat duha dan zuhur di SMP Negeri 7 Rejang Lebong. Praktik sholat tidak hanya sebagai ibadah, namun juga menjadi sarana pendidikan karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan ketaatan kepada Allah SWT. Namun, dalam pelaksanaannya masih ditemukan siswa yang enggan mengikuti sholat, menganggapnya sebagai beban, atau sekadar ikut karena kewajiban.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII melalui praktik sholat duha dan zuhur, serta mengidentifikasi kendala dan solusi yang dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru, kepala sekolah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru antara lain: metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, motivasi spiritual, pengawasan langsung, dan keterlibatan dalam kegiatan keagamaan seperti kultum, Imtaq, serta sholat berjamaah. Karakter yang terbentuk adalah religiusitas. Kendala yang dihadapi meliputi kurangnya kesadaran siswa, pengaruh negatif pergaulan, serta keterbatasan fasilitas ibadah. Adapun solusinya berupa pendekatan personal, kerja sama dengan wali kelas, serta peningkatan kegiatan keagamaan secara berkala. Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Praktik Sholat Duha dan Zuhur, Pembentukan Karakter Religius.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dahlianty Siregar, Nerizanerizads.mhs@iaincurup.ac.id
Masudi, Masudimasudialwi70@gmail.com
purna putra, hasthahasthapurna@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:12
Last Modified: 13 Aug 2025 03:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8801

Actions (login required)

View Item View Item