Pengaruh Penggunaan Media Belajar Berbasis Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pai di Sman 6 Rejang Lebong

Hakim, Bishuan and Faturrahman, Irwan and Putra, Alven (2025) Pengaruh Penggunaan Media Belajar Berbasis Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pai di Sman 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Bishuan Hakim Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Bishuan Hakim. NIM. 21531023 “Pengaruh Penggunaan Media Belajar Berbasis Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Siswa di SMAN 6 Rejang Lebong”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Rejang Lebong. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya inovasi media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas pemahaman siswa, khususnya dalam pelajaran yang bersifat abstrak seperti Pendidikan Agama Islam (PAI). Media video pembelajaran dinilai mampu menghadirkan materi secara audio-visual yang lebih menarik, konkret, dan mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan skala Likert dan didukung dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 6 Rejang Lebong, dengan jumlah sampel sebanyak 66 siswa kelas XI yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji t-test one sampel, analisis regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media video pembelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,352, yang berarti media video memberikan kontribusi sebesar 35,2% terhadap peningkatan pemahaman siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, penggunaan media video pembelajaran efektif dalam membantu siswa memahami materi PAI secara lebih baik. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Pemahaman Siswa, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hakim, Bishuanbishuan@iaincurup.ac.id
Faturrahman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Putra, Alvenalvenputra1708@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:59
Last Modified: 13 Aug 2025 07:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8788

Actions (login required)

View Item View Item