Pengaruh Media Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN 38 Rejang Lebong)

Bunga Tania, Vionna and Gunawan, Guntur and Meldina, Tika (2025) Pengaruh Media Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN 38 Rejang Lebong). Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI VIONNA BUNGA TANNIA.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Vionna Bunga Tannia, NIM. 21591227 “PENGARUH MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN 38 Rejang Lebong)”. Skripsi pada Program Studi Pendidik Guru Madrasah Ibtidayah IAIN Curup. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui hasil dari penggunaan media monopoli di V SDN 38 Rejang Lebong; 2) Untuk mengetahui ada pengaruh dalam Media monopoli terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 38 Rejang Lebong; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol V SDN 38 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu 30 siswa kelas V SDN 38 Rejang Lebong yang dibagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisi data berupa uji normalitas, dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas da hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran terdapat perbedaan pretest dan posttest yang dimana nilai posttest lebih baik, dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 34,75 sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32,75 artinya dua kelompok tesebut tidak ada yang memenuhi (KKTP); 2) Menunjukan bahwa penggunaan Media Monopoli sebagai metode pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 38 Rejang Lebong , berdasarkan uji hipotesis uji independent t test , diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0.002 < 0,05, maka H1 ditolak H2 diterima; 3) Setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan menggunakan media monopoli dalam proses pembelajaran IPAS pada kelas V, diperoleh rata-rata tes akhir (posttest) 62,75 sedangkan hasil kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran kovesional diperoleh nilai rata-rata posttest 56,6. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan media monopoli dalam proses pembelajaran memiliki hasil yang lebih baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh media monopoli (Variabel X) terhadap hasil belajar (Variabel Y) dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V di SDN 38 Rejang Lebong. Kata kunci: Media Monopoli, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Bunga Tania, Vionnavionna.mhs@iaincurup.ac.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:56
Last Modified: 13 Aug 2025 02:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8728

Actions (login required)

View Item View Item