Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Fase D di SMPN 6 Rejang Lebong

Nurjannah, Anissya and Rahman, Abdul and Sumarto, Sumarto (2025) Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Fase D di SMPN 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
Anissya Nurjannah (Skripsi).pdf - Accepted Version

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Anissya Nurjannah Nim 21531009 “Implementasi Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Fase D di SMPN 6 Rejang Lebong” Mahasiswa Prodi PAI IAIN CURUP.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia menekankan pada penguatan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu mata pelajaran yang strategis dalam menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Pendidikan Agama Islam belum berjalan secara optimal dalam menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan agama islam fase D di kelas VIII SMP Negeri 6 Rejang Lebong, mengetahui proses penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan agama islam fase D di kelas VIII SMP Negeri 6 Rejang Lebong, serta dampak penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan agama islam fase D di kelas VIII SMP Negeri 6 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang ditemukan dalam mata pelajaran PAI mencakup nilai: (1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, (2) mandiri, (3) gotong royong, (4) berkebinekaan global, dan (5) bernalar kritis. Nilai-nilai tersebut diintegrasikan secara sadar oleh guru melalui kegiatan pembiasaan berdoa, diskusi kelas, kerja kelompok, hingga tugas individu. Proses penerapannya mencakup: Kegiatan perencanaan, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dampak dari penerapan nilai-nilai ini terlihat pada perubahan sikap, perilaku, dan cara berpikir siswa. Siswa menjadi lebih religius, bertanggung jawab, mandiri, mampu bekerja sama, menghargai perbedaan, serta mampu berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan dan perbedaan pendapat di lingkungan sekolah. Dengan demikian, pembelajaran PAI fase D di kelas VIII SMPN 6 Rejang Lebong terbukti mampu menjadi media efektif dalam internalisasi nilai-nilai luhur Pancasila. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nurjannah, Anissyaanissya@iaincurup.ac.id
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:48
Last Modified: 31 Jul 2025 08:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item View Item