Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Setiawati, Dian and Syaripah, Syaripah and Irsal, Irni Latifa (2025) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ketika menyelesaikan soal-soal matematika. Faktor penyebabnya antaranya kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang mana dalam pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa mudah bosan sehingga mengurangi fokus saat belajar yang berakibat siswa tidak memahami apa yang disampaikan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang mengajak siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran. Model Discovery Learning menekankan partisipasi aktif siswa dalam memahami konsep melalui pengalaman belajar secara mandiri dan berinteraksi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen tepatnya penelitian True Eksperimental dengan bentuk (Posstest-Only Control Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Rejang Lebong yang terdiri dari 3 kelas dan sampel yang digunakan diambil menggunakan teknik Purposive Sampling yang diperoleh sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Test. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis didapat bahwa nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hasil dari perhitungan yang diperoleh nilai thitung = 3,309 > ttabel= 1,078. Dengan memperhatikan nilai Sig.(1-tailed) dan nilai thitung yang didapat sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Setiawati, Diandiansetiawati@iaincurup.ac.id
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:19
Last Modified: 31 Jul 2025 08:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8715

Actions (login required)

View Item View Item