Humairah, Annisa and Syaripah, Syaripah and Anisya, Septiana (2025) Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTI (Myers–Briggs Type Indicator) Pada Pembelajaran Matematika Di SMA Negeri 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (11MB) |
Abstract
Matematika sangat penting dalam pendidikan untuk mengajarkan keterampilan analitis dan kreatif, terutama melalui kemampuan untuk mengaitkan konsep dengan dunia nyata dan bidang ilmu lain. Namun, beberapa faktor seperti kepribadian siswa dapat berdampak pada kemampuan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa di SMA Negeri 3 Rejang Lebong berdasarkan tipe kepribadian MBTI (ISTJ, ISFJ, ENTP, dan ENTJ). Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain paralel convergent, menggabungkan data kuantitatif (tes kemampuan koneksi matematis) dan kualitatif (lembar observasi) secara bersamaan. Sampel dipilih secara stratified random sampling (kelas XC dan XI IPA 1). Analisis kuantitatif menggunakan perhitungan statistik seperti frekuensi, mean, dan standar deviasi dari hasil tes kemampuan koneksi matematis. Sementara analisis kualitatif dilakukan melalui observasi langsung terhadap interaksi kelas dan pola belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahwa siswa kelas XI lebih banyak berada dalam kategori tinggi (20 siswa) daripada siswa kelas X, yang lebih banyak berada dalam kategori sedang (20 siswa), (2) Berdasarkan tipe kepribadian MBTI, tipe ISTJ dan ENTJ cenderung memiliki kemampuan tinggi, sedangkan tipe ENTP dan tipe ISFJ cenderung memiliki kemampuan sedang, (3) Berdasarkan nilai rata-rata siswa bertipe ISTJ secara konsisten memiliki nilai tertinggi (XC: x̄ = 68,32; XI IPA 1: x̄ = 84,16), sedangkan ISFJ memperoleh nilai terendah (XC: x̄ = 48,83; XI IPA 1: x̄ = 65,63). Peningkatan signifikan terjadi pada semua tipe, terutama ISFJ (+16,8 poin). Data kualitatif dari observasi menunjukkan bahwa siswa ISTJ dan ENTJ cenderung sistematis dalam menyelesaikan masalah matematika, sementara siswa ISFJ membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih visual dan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konseptual mereka. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Tipe Kepribadian MBTI (Myers–Briggs Type Indicator), Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:36 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:36 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |