Rahmi, Rahmi and Latifa Irsal, Irni and Septiana, Anisya (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Augmented Reality (AR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran, kemampuan berpikir kritis siswa, dan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantu media Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang di SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dan perlunya pendekatan inovatif berbasis masalah, pembelajaran reflektif, dan pembelajaran kolaboratif yang dapat mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group, populasi penelitian ini adalah kelas VII dengan sampel melibatkan dua kelas: yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen (PBL berbantu AR) dan kelas VII G sebagai kelas kontrol (PBL konvensional). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis yaitu elementary clarification, basic support, inference, advanced clarificatio, dan strategies and tactics. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kelas eksperimen menunjukkan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 93,64% (sangat baik), dan aktivitas peserta didik dengan rata-rata 92,05% (sangat baik); 2) kelas kontrol menunjukkan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 90,90% (sangat baik), dan aktivitas peserta didik rata-ratanya sebesar 88,88%; 3) kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 0,466 (kategori sedang), dengan 80% siswa kategori kemampuan berpikir kritis tinggi; 4) kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritit 0,222 (kategori rendah), dengan 65% siswa masuk dalam kategori tinggi kemampuan berpikir kritis; 5) hasil Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, menandakan terdapat pengaruh signifikan model PBL berbantu media AR terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Augmented Reality, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:36 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:36 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8685 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
![]() |
View Item |