Putri Indah Sari, Melati and Wahyudi, Edi and Meldina, Tika (2025) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas IV SDN Sumber Jaya. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI MELATI PUTRI INDAH SARI_20591113_PGMI.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK MELATI PUTRI INDAH SARI, NIM. 20591113 “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka pada siswa kelas IV SDN Sumber Jaya”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengimplementasian kurikulum terakhir pada SDN Sumber Jaya yaitu Kurikulum Merdeka. Salah satunya dengan melakukan sebuah projek yang ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan tema tertentu dan yang dipilih oleh SDN Sumber Jaya yaitu tema gaya hidup berkelanjutan. Adapun program dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang di selenggarakan di SDN Sumber Jaya adalah mendaur ulang sampah atau barang bekas yang dapat dijadikan sebagai sumber kegiatan membuat kolase. Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk Mengetahui bagaimana implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka pada siswa kelas IV. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar dan bukan berupa angka-angka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penetilitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, guru kelas I, dan beberapa siswa kelas IV. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data dilakukan dengan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Sumber Jaya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Faktor pendukung implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila meliputi dukungan orang tua, dan juga partisipasi peserta didik yang aktif dan antusiasme. Sedangkan faktor penghambat dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila antara lain penerapan P5 yang masih berada ditahap awal, masih terbatasnya pemahaman guru terhadap konsep dan implemetasi P5, serta minimnya pelatihan yang diberikan. Kata Kunci: Implementasi, P5, Gaya Hidup Berkelanjutan, Kolase
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:39 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:39 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |