Strategi Bank Muamalat KCP Curup dalam Memasarkan Produk Sun Life Asuransi Salam Hijrah Amanah (ASHA)Pro

Sholihin, Sholihin and Umam Khudori, Khairul and Pefriyadi, Pefriyadi (2025) Strategi Bank Muamalat KCP Curup dalam Memasarkan Produk Sun Life Asuransi Salam Hijrah Amanah (ASHA)Pro. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Strategi Bank Muamalat KCP Curup dalam Memasarkan Produk Sun Life Asuransi Salam Hijrah Amanah (Asha)Pro.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sholihin NIM. 18631140 “Strategi Bank Muamalat KCP Curup dalam Memasarkan Produk Sun Life Asuransi Salam Hijrah Amanah (Asha)Pro.” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, IAIN Curup. Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran yang digunakan Bank Muamalat KCP Curup dalam mempromosikan produk asuransi syariah ASHA Pro yang dikembangkan melalui kerja sama dengan Sun Life. Untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang fenomena yang diamati, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Bank Muamalat KCP Curup. Untuk melengkapi data primer dalam penelitian ini, peneliti juga menggunakan data sekunder dan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Bank Muamalat KCP Curup melalui pendekatan referral dan personalisasi berhasil membangun hubungan emosional yang kuat dengan nasabah, terutama melalui kegiatan power lunch dan pemberian reward kepada calon nasabah. Namun, strategi ini masih memiliki keterbatasan dalam cakupan pasar karena belum sepenuhnya memanfaatkan potensi digital marketing. Produk ASHA Pro juga menunjukkan kecocokan dengan segmen pasar calon jamaah haji, meskipun segmentasi yang terlalu spesifik dapat membatasi peluang ekspansi ke segmen lain. Kendala utama yang dihadapi adalah persepsi negatif masyarakat terhadap produk asuransi syariah. Solusi yang diterapkan berupa edukasi, baik melalui sosialisasi langsung maupun pelatihan kepada staf pemasaran, terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kepercayaan nasabah. Selain itu, evaluasi dan inovasi produk secara berkala menjadi langkah penting untuk memperkuat daya saing di pasar asuransi syariah. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bank Muamalat, ASHA Pro, Asuransi Syariah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sholihin, Sholihinsholihin1@iaincurup.ac.id
Umam Khudori, Khairulumamkhairulkhudori@gmail.com
Pefriyadi, Pefriyadipefriyadi@iaincurup.ac.id
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:06
Last Modified: 23 Jul 2025 03:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item