Analisis Keterlaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (Akmi) dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas V di Mis Muhammadiyah 14 Talang Ulu

Novita, Trya and Rahmi Nasutiom, Aida and Amrillah, H.M Taufik (2025) Analisis Keterlaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (Akmi) dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas V di Mis Muhammadiyah 14 Talang Ulu. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI TRYA NOVITA_ DONE.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Trya Novita, NIM. 21591218 “Analisis Keterlaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia dalam Meningkatkan Literasi Membaca Kelas V di MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi membaca siswa yang menjadi perhatian dalam dunia pendidikan, terutama di tingkat dasar. Kondisi ini mendorong perlunya asesmen yang tidak hanya bersifat evaluatif, tetapi juga diagnostik, sehingga mampu memetakan kekuatan dan kelemahan kompetensi siswa secara lebih menyeluruh. Kementerian Agama merespons hal ini dengan menghadirkan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang mulai diimplementasikan di madrasah seluruh Indonesia, termasuk MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui keterlaksanaan AKMI dalam aspek literasi membaca; menganalisis kemampuan siswa berdasarkan tiga indikator literasi membaca, yaitu menemukan informasi, memahami teks, serta mengevaluasi dan merefleksikan isi bacaan; mendeskripsikan tingkat kemahiran siswa berdasarkan lima kategori AKMI Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan Deskriptif, yang dilakukan secara sistematis melalui pengumpulan data berbasis kata dan perilaku siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan AKMI di MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu telah berjalan dengan baik dan memberikan gambaran tentang tingkat kemampuan literasi membaca siswa. (1). Pada aspek menemukan informasi, siswa sebagian besar berada pada tingkat Cakap hingga Terampil. (2). Pada aspek memahami teks, siswa menunjukkan kemampuan pada tingkat Dasar hingga Cakap. Sedangkan (3). pada aspek mengevaluasi dan merefleksikan, sebagian siswa masih berada pada tingkat Dasar, meskipun terdapat siswa yang telah mencapai tingkat Cakap dalam aspek reflektif. AKMI memberikan kontribusi positif sebagai alat ukur diagnostik untuk merancang strategi pembelajaran literasi yang lebih terarah. Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), Literasi Membaca, Siswa kelas V

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novita, Tryatryanovita@iaincurup.ac.id
Rahmi Nasutiom, Aidaaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:09
Last Modified: 22 Jul 2025 08:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8611

Actions (login required)

View Item View Item