Konsep Pola Asuh Islami (Studi Teks Buku Creative Islamic Parenting Karya Nayif Al-Qurasi Serta Relevansinya terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Jupendi, Jupendi and Taqiyuddin, Muhammad and Oktori, Agus Riyan (2025) Konsep Pola Asuh Islami (Studi Teks Buku Creative Islamic Parenting Karya Nayif Al-Qurasi Serta Relevansinya terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI JUPNEDI 18591056.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK JUPENDI. NIM. 18591056 “Konsep Pola Asuh Islami (Studi Teks Buku Creative Islamic Parenting Karya Nayif Al-Qurasi Serta Relevansinya Terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini membahas tentang pola asuh Islami yang kreatif merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mendidik anak-anak agar memiliki karakter yang kuat dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Buku Creative Islamic Parenting karya Syeikh Dr. Nayif Al-Qurasi memberikan panduan yang komprehensif tentang strategi pengasuhan yang efektif, termasuk penguatan positif, memberikan contoh yang baik, dan mendorong berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji Konsep Pola Asuh Islami sebagaimana dijelaskan dalam buku tersebut, serta menganalisis relevansinya dengan nilai-nilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang meliputi berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, yang melibatkan analisis mendalam terhadap teks Creative Islamic Parenting. Data dikumpulkan melalui studi literatur yang mencakup berbagai sumber terkait pola asuh Islami dan pendidikan karakter. Analisis dilakukan dengan mengekstraksi dan mengelompokkan nilai-nilai yang ditemukan dalam buku tersebut, kemudian menghubungkannya dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 23 nilai yang diidentifikasi dalam buku Creative Islamic Parenting, seperti iman, motivasi dan apresiasi, kecerdasan dan pola pikir, kebebasan, pembiasaan, keterampilan sosial, dan lain-lain. Nilai-nilai ini memiliki relevansi yang kuat dengan tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sebagai contoh, nilai berakhlak mulia berkaitan dengan iman, motivasi, dan apresiasi; sementara nilai berkebinekaan global berhubungan dengan kecerdasan dan pola pikir, serta keterampilan sosial. Saran dari penelitian ini adalah agar pendidik dan orang tua dapat mengintegrasikan konsep-konsep dari Creative Islamic Parenting dalam pendidikan karakter anak-anak untuk mendukung pembentukan profil pelajar yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Kata Kunci: Pola Asuh Islami, Pendidikan Karakter, Nayif Al-Qurasy, Profil Pelajar Pancasila, Studi Pustaka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Jupendi, Jupendijupendi.mhs@iaincurup.ac.id
Taqiyuddin, Muhammadtaqiyuddin1402@gmail.com
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:55
Last Modified: 17 Jul 2025 04:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8597

Actions (login required)

View Item View Item