Andani, Umi and Warlizasusi, Jumira and Febriansyah, Febriansyah (2025) Penggunaan Media Counting Box dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas I SD Negeri 01 Kabawetan. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Umi Fulltext.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Umi Andani, Nim. 21591221 “Penggunaan Media Counting Box Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas 1 SD Negeri 01 Kabawetan”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Madarasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep numerasi, seperti penjumlahan dan pengurangan. Literasi numerasi merupakan kemampuan dasar yang penting dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengaplikasikan konsep bilangan melalui kolaborasi interaksi sosial yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetauhi bagaimana penggunaan media counting box dalam meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 1 ; 2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media counting box dalam Meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 1. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Wali Kelas 1 dan Siswa Kelas 1 yang berjumlah 17 orang. Adapun teknik pengumpulan data berupa, Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media counting box dalam meningkatkan literasi numerasi membantu siswa untuk berpikir lebih kompleks, berinteraksi dengan media secara langsung, dan siswa lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar dengan baik. Dengan mengajak siswa untuk berdiskusi serta siswa memahami terkait materi yang akan dipelajari ; (2) Faktor Pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung yakni: Pihak sekolah memberikan dukungan dalam kegiatan kambel, bisa diterapkan di kelas lain yang sesuai, dan bisa meningkatkan pemahaman siswa. Pada faktor penghambat yakni: Terdapat beberapa siswa yang belum memahami media, daya tangkap berpikir setiap siswa berbeda-beda, belum semua guru memahami cara menggunakan media counting box ini, serta media yang digunakan ini hanya untuk satu siswa saja. Kata Kunci : Media Counting Box, Literasi Numerasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | weka weka warasta28 | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:06 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:06 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |