Strategi Promosi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Bersertifikat Halal (Studi Kasus Kelurahan Talang Benih)

Hermansyah, Hermansyah and Dewi, Ratih Komala and Wijaya, Harianto (2025) Strategi Promosi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Bersertifikat Halal (Studi Kasus Kelurahan Talang Benih). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fullteks.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dan tantangan pada UMKM yang sudah tersertiikasi halal dan mempromosikan produk menggunakan media sosial instagram dan facebook. Selanjutnya metode yang digunakan dalam teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi Nvivo 12 Pro dengan proses analisis data secara empat tahap yaitu: import data, coding data, visualisasi data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi promosi media sosial ini dapat meningkatan penjualan UMKM ada empat yaitu sebagai alat memasarkan produk, upaya peningkatan penjualan, pengembangan usaha dan peningkatan pendapatan. Penerapan strategi promosi media sosial sebagai alat memasarkan produk dilihat dari daya tarik konsumen dan strategi baru untuk UMKM. Penerapan strategi promosi media sosial sebagai peningkatan penjualan memberikan manfaat dengan peningkatan jangkauan pemasaran dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Penerapan strategi promosi media sosial sebagai upaya peningkatan pendapatan terlihat dengan adanya pendapatan yang terus meningkat dan bertambahnya tingkat pembelian konsumen. Selain itu penerapan strategi promosi media sosial juga sebagai pengembangan usaha yang dimiliki oleh para pelaku UMKM yang sudah tersertifikasi halal di Kelurahan Talang Benih. Kata kunci: Strategi Promosi, Media sosial, Sertifikat halal, UMKM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hermansyah, Hermansyahhermansyah@iaincurup.ac.id
Dewi, Ratih Komalaratih.komala@iaincurup.ac.id
Wijaya, Hariantohariantowijaya@iaincurup.co.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:18
Last Modified: 17 Jul 2025 02:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8499

Actions (login required)

View Item View Item