Rahma, Alisa and Yulizah, Yosi and setiawati, Yeni (2025) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Model Talking Stick Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Melati Iain Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
ALISA RAHMA PRODI PIAUD ANGKATAN 21.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5–6 tahun melalui model pembelajaran talking stick dengan menggunakan media audio visual di TK Tunas Melati IAIN Curup, salah satu aspek penting dalam perkembangan bahasa anak usia dini yang berperan dalam mendukung keterampilan berbahasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan menyimak melalui model pembelajaran talking stick dengan menggunakan media audio visual. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak dalam menyimak dengan menggunakan media audio visual Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri 2 kali pertemuan, Model PTK yang digunakan mengacu pada tahapan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dalam Arikunto, yang mencakup tahap pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus melibatkan empat langkah utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah sebanyak 11 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Peningkatan kemampuan menyimak anak setelah diterapkannya model talking stick dengan media audio visual mampu meningkatkan fokus dan pemahaman anak dalam kegiatan menyimak, model pembelajaran ini efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini, dapat dilihat pada hasil kegiatan pra siklus yang mana kemampuan menyimak anak rata-rata 3,84%. 2.) Model talking stick dengan kegiatan pembelajaran tanya-jawab di kelompok B TK Tunas Melati IAIN Curup menunjukkan hasil bahwa kemampuan menyimak anak yang sebelumnya masih sangat rendah sekarang sudah mengalami peningkatan, setelah mengikuti model talking stick dengan menghubungkan gambar sudah mengalami peningkatan yang signifikan, dapat dilihat bahwa rata-rata kemampuan menyimak dengan kegiatan menghubungkan gambar pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 5,42%, pertemuan 2 adalah 5,91% dan pada siklus 2 pertemuan 1 adalah 6,04%, dan pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 6,29%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:34 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:34 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |