Safitri, Cindy and Arbani, Wiwin and Rahmadeni, Fevi (2025) Komparasi Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Iv di Sdn 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI CINDY SAFITRI .pdf - Accepted Version Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK CINDY SAFITRI, NIM. 21591036 “Komparasi Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV di SDN 32 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SD Negeri 32 Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Number Head Together; 2) Mengetahui kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition; 3) Mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dan Cooperative Integrated Reading and Composition. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimental, dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental yaitu Nonequivalent Control Groub Design yang dicirikan oleh kerangka kerja pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Model pembelajaran Number Head Together meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari rata-rata pretest-posttest sebesar 61,08 menjadi 81,05; 2) Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari rata-rata pretest-posttest sebesar 68,45 menjadi 73,45; 3) Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dan Cooperative Integrated Reading and Composition ditinjau dari nilai thitung > ttabel yaitu 3,896 > 2,024 dengan n= 40, α= 0,05 dan df= 38 sehingga H0 ditolak yang artinya H1 diterima. Berdasarkan nilai rata-rata posttest, kemampuan literasi matematika siswa lebih efektif menggunakan model pembelajaran Number Head Together dibandingkan dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Kata Kunci : Model Pembelajaran Number Head Together, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Literasi Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:52 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:52 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |