Fitri, Fadhilah and Warlizasusi, Jumira and Febriansyah, Febriansyah (2025) Optimalisasi Pemanfaatan Media Realia Dalam Membantu Siswa Kelas 4 Pada Mata Pelajaran IPAS (Studi Kasus Min 1 Rejang Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
SKRIPSI MAU JADI KASET.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
Media Realia adalah alat pembelajaran yang terdiri dari benda-benda yang dapat dilihat, didengar, dan dirasakan oleh siswa guna memberikan pengalaman langsung. Media ini mencakup objek nyata seperti manusia, hewan, barang, atau peristiwa yang disaksikan oleh siswa, dan sudah dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi. Ini merupakan salah satu elemen penting dalam proses pengajaran, di mana para guru menggunakan media yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. Dengan penerapan media realia dalam pembelajaran, siswa dapat menjadi lebih tertarik dan termotivasi, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif, di mana kualitatif adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk mempelajari objek dalam kondisi alami. Pada penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen utama, dengan penelitian yang bersifat deskriptif dan lebih mengandalkan analisis. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala Guru Kelas dan murid kelas 4 di MIN 1 Rejang Lebong. Proses analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Setelah data terkumpul, keabsahan data diuji melalui metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MIN 1 Rejang Lebong, media Realia memiliki peran krusial dalam membantu siswa memahami pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penggunaan media realia seperti benda nyata dapat mempermudah pemahaman konsep yang diajarkan. Dengan melihat secara langsung bentuk atau fungsi objek alam seperti batu dan tumbuhan, siswa menjadi lebih terlibat dan mengasah keterampilan berpikir kritis mereka. Hal ini memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses dan hasil belajar siswa, serta meningkatkan pemahaman dan motivasi mereka dalam pelajaran IPAS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:41 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:41 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |