Aulia, Rafika Rachmatul and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Yulizah, Yosi (2025) Pengaruh Media Edu kwartet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 18 RejangLebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 18 Rejang Lebong, dibuktikan dari nilai ulangan semester siswa yang masih di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dan mengakibatkan peserta didik cenderung pasif selama proses pembelajaran sehingga membuat aktivitas belajar peserta didik kurang optimal. Guru sebagai pendidik masih kurang menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan menjadikan siswa kurang responsif.Penelitian ini bertujuan, 1) Untuk menganalisis bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Media Edu kwartet di kelas IV SD Negeri 18 Rejang Lebong. 2) Untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh penggunaan Media Edu kwartet Terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 18 Rejang Lebong. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, dengan desain penelitian kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV, yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis independent sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan pembelajaran menggunakan Media Edu kwartet terhadap Hasil Belajar siswa menunjukan bahwa; 1) Hasil Belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan Media Edu kwartet didapatkan hasil nilai rata-rata pretest siswa 55,75 sedangkan hasil posttest kelas eksperimen79,75. 2) pengaruh penggunaan Media Edu kwartet terhadap Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri | Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis independent sampel t test, diketahui nilai sig (1-axiled) adalah sebesar 0,000<0.05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan Media Edu kwartet terhadap Hasil Belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 18 Rejang Lebong. Kata Kunci: Media, Hasil Belajar, IPA
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:05 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 08:05 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |