Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Islami (Studi di SMPN 1 Topos)

Utami, Yufika and Kurniawan, Kurniawan and Fadilah, Fadilah (2019) Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Islami (Studi di SMPN 1 Topos). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA ISLAMI (Studi Di SMPN 1 Topos).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bentuk pendidikan Karakter berbasis Budaya Islami di SMPN 1 Topos. 2) Untuk mengetahui pendekatan yang digunakan dalam membentuk Karakter berbasis Budaya Islami di SMPN 1 Topos. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam kegiatan dalam membentuk Karakter berbasis Budaya Islami di SMPN 1 Topos). Adapun Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah: guru PAI dan Kepala Sekolah di SMPN 1 Topos. Teknik pengumpul data yang diperlukan ada tiga (tiga) macam metode: observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.” Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Bentuk pendidikan Karakter berbasis Budaya Islami di SMPN 1 Topos ialah shiddîq (jujur), amânah (dipercaya), tablîgh (menyampaikan dengan transparan), fathânah (cerdas). Berikut akan dijelaskan secara lebih rinci dari keempat sifat tersebut .2) Pendekatan yang digunakan dalam membentuk Karakter berbasis Budaya Islami di SMPN 1 Topos, ada beberapa pendekatan nilai yang digunakan ialah: pertama Pendekatan penanaman Nilai guru menanamkan nilai keteladanan kepada siswa. Pendekatan perkembangan kognitif guru menekankan pendidikan moral, agar anak anak mampu membedakan baik dan benarnya. Pendekatan Nilai Analisis guru menerapkan analisis nilai ini dengan membimbing dan menghimbau siswa untuk mematuhi nilai yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti menerapkan ramah tamah atau tegur sapa ketika bertemu dan mengucapkan salam seperti yang sudah menjadi tradisi di masyarakat. Gotong royong dalam kegiatan yang ada dalam masyarakat. pendekatan pembelajaran berbuat Guru menerapkan prilaku rajin belajar, menerapkan sikap patuh kepada orang tua, dan menyuruh siswa berpilaku tolong menolong sesama dan saling toleransi Guru pula mengajarkan siswa agar bersikap patuh kepada orang tua baik orang tua dirumah maupun orang tua di sekolah. 3) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam kegiatan dalam membentuk Karakter berbasis Budaya Islami di SMPN 1 Topos, ada beberapa faktor pendukung ialah kepala sekolah memberikan dukungan yang baik, seperti kepala sekolah guru-guru di SMPN 1 Topos, para siswa di SMPN 1 Topos memberikan dukungan yang baik dan mendukung segala jenis program yang di adakan. Dan dari orang tua siswa dan masyarakat sekitar memberikan dukungan yang baik dan mendukung adapun yang menjadi faktor penghabatnya ialah sedikitnya alokasi waktu dan program dalam menanamkan pendidikan karakter berbasis budaya islami ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Utami, YufikaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Fadilah, FadilahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Berbasis Budaya, dan Islami
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:52
Last Modified: 21 Feb 2023 08:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item