Natalia, Cindy and Palupi Putri, Dini and Septiana, Anisya (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V MIM 10 Karang Anyar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
fulltext.pdf - Accepted Version Download (12MB) |
Abstract
Cindy Natalia (21591035), judul skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V MIM 10 Karang Anyar”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Angkatan 2021 IAIN Curup. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu keterampilan penting dalam sebuah pembelajaran matematika di sekolah dasar. Akan tetapi, banyak siswa yang cenderung kesulitan dalam memecahkan persoalan matematis karena, model pembelajaran yang kurang efektif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran MMP, proses penerapan model MMP, serta melihat adakah pengaruh dari model MMP terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi penyajian data di kelas V MIM 10 Karang Anyar. Penelitian ini dilakukan dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V B dengan teknik pengumpulan data melalu tes dan observasi dengan instrumen berupa lembar tes matematika dan lembar observasi guru dan siswa. Serta teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji T-Test serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor Pretest siswa adalah 53,93 dan rata-rata skor Posttest setelah penerapan model MMP meningkat menjadi 82,93. Serta observasi guru memperoleh rata-rata 83,8% (kategori baik sekali) dan observasi siswa memperoleh rata-rata sebesar 83,4% (kategori baik sekali), jadi secara keseluruhan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,63 dalam kategori sedang. Dan uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti penerapan model Missouri Mathematics Project (MMP) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V MIM 10 Karang Anyar, Curup. Kata kunci: Missouri Mathematics Project (MMP), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:03 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:03 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |