Lestari, Lusi and Baryanto, Baryanto and Fransiska, Jenny (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (Icm) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Trans Madang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI Lusi Lestari.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK LUSI LESTARI, NIM. 21591118 “Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Trans Madang”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Masalah hasil belajar siswa yang rendah telah mendorong adanya penelitian ini. Hal ini terjadi sebagai akibat dari proses pembelajaran yang masih berfokus pada guru, yang membuat murid menjadi pasif dan membuat mereka kurang berempati terhadap guru. Selain itu, siswa tidak terlibat dalam pembicaraan kelompok karena mereka lebih mengutamakan sikap individualistis mereka. Oleh karena itu, paradigma pembelajaran Index Card Match merupakan salah satu metode untuk meningkatkan keterampilan hasil belajar. Mencari tahu bagaimana menggunakan paradigma pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimental dengan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian Pre-Experiment One-Group Pretest-Posttest Design. Dokumentasi dan survei merupakan metode pengumpulan data. Statistik IMB 25 digunakan untuk analisis data. Dua puluh anak kelas empat menjadi sampel dan populasi penelitian. Temuan penelitian menunjukan bahwa: 1) Perbedaan sebelum penerapan model pembelajaran index card match menunjukan hasil rata-rata pretest keterampilan sosial siswa yaitu 67,30; 2) Sedangkan setelah penerapan model pembelajatan index card match nilai posttest memperoleh hasil rata-rata 81,45 yang artinya terdapat peningkatan setelah diberi perlakuan; 3) Hasil uji hipotesis menggunakan analisis Paired Sampel Test dengan taraf signifikan 5% (0,05) yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan thitung > ttabel (7,889 > 1,734) sehingga terdapat pengaruh positif yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Trans Madang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Index Card Match (ICM), Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:13 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:13 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |