Strategi Pembina Asrama dalam Mendisiplinkan Santri di Pondok Pesantren Modern Darusalam Kepahiang

Ratna Sari, Desi and Faturrahman, Irwan and Sahib, Abdul (2025) Strategi Pembina Asrama dalam Mendisiplinkan Santri di Pondok Pesantren Modern Darusalam Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
Desi Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Desi Ratna Sari NIM.21561014 ” Strategi Pembina Asrama dalam Mendisiplinkan Santri di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang.”skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam(MPI) Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan juga menganalisis strategi pembina asrama dalam mendisiplinkan santri di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga Aspek yaitu Pertama, Strategi pembina asrama dalam mendisiplinkan santri. Kedua,Faktor Pendukung dan Penghambat dalam mendisipiplinkan santri. Ketiga,Implikasi strategi pembina terhadap kedisiplinan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. subjek penelitian ini yaitu pembina asrama,Ketua pengurus organisasi,dan santri pondok pesantren modern darussalam Kepahiang. data yang telah diperoleh dianalisis dengan reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pembina asrama dalam mendisiplinkan santri mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan (controlling), hingga evaluasi. tahap perencanaan, pembina bersama pimpinan pesantren dan pengurus santri merumuskan tata tertib dan program pembinaan disiplin.Proses pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas yang jelas kepada pembina, musyrif, serta pengurus organisasi santri. Pelaksanaan kedisiplinan diterapkan melalui metode nasihat, pembiasaan, dan keteladanan. Dalam proses controlling, pengawasan dilaksanakan secara langsung oleh pembina dan pengurus santri, sementara evaluasi dilakukan secara berkala melalui laporan harian, mingguan, dan semesteran untuk mengetahui perkembangan kedisiplinan santri. Kedua, adapun faktor pendukung dan penghambat dalam mendisiplinkan santri. Pertama, faktor pendukung adanya komunikasi yang baik antara pembina dan santri. kedua,keteladanan pembina dan peran pengurus organisasi. adapun yang menjadi penghambat dalam mendisiplinkan santri yaitu faktor lingkungan dan kurangnya kesadaraan diri dari santri. Ketiga,Implikasi strategi pembina asrama dalam mendisiplinkan santri cukup berdampak dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Implikasi ini tercermin dari perubahan nyata perilaku santri dalam hal disiplin waktu, tanggung jawab, dan kemandirian. Kata Kunci:Strategi, Pembina Asrama,Disiplin Santri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ratna Sari, Desidesiratna.mhs@iaincurup.ac.id
Faturrahman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:48
Last Modified: 14 Jul 2025 08:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8412

Actions (login required)

View Item View Item