Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas) Kelas V di Mis Guppi 13 Tasik Malaya

Hafiz Rahman, Muhammad and Rahman, Abdul and Siswanto, Siswanto (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas) Kelas V di Mis Guppi 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD HAFIZ RAHMAN.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD HAFIZ RAHMAN, NIM. 21591135, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di MIS GUPPI 13 Tasik Malaya”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada Pelajaran IPAS dikelas V MIS GUPPI 13 Tasik Malaya, penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square. 2) Mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Word Square terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Pelajaran IPAS kelas V di MIS GUPPI 13 Tasik Malaya. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment (eksperimen semu), dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan teknik Random Sampling. Random Sampling adalah teknik pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sampel penelitian ini berjumlah 46 siswa yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji independent samples test. Penelitian ini menunjukkan dua temuan utama. 1) Terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Word Square. Hal ini ditunjukkan oleh hasil posttest bahwa nilai rata-rata ketercapaian berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 61,08% (Baik) dan kelas kontrol sebesar 50,64% (cukup). Selanjutnya, terdapat peningkatan rata-rata nilai berdasarkan kelas eksperimen dari nilai sebesar 54,13 meningkat menjadi 82,17, nilai rata-rata tersebut lebih tinggi dibandingankan dengan kelas kontrol, dari nilai sebesar 23,26 menjadi sebesar 70,43. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji hipotesis data post-test dengan uji-T menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Word Square terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Word Square, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hafiz Rahman, Muhammadmhafizrahman@iaincurup.ac.id
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Siswanto, Siswantosis66505@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 14 Jul 2025 09:42
Last Modified: 14 Jul 2025 09:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8408

Actions (login required)

View Item View Item