Desriyanto, Farhan and Verolyna, Dita and Kurnia Syaputri, Intan (2025) Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Membangun Personal Branding Selebgram @adebae.77. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
fulltext.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING SELEBGRAM @ADEBAE.77 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan guna untuk mengetahui bagaimana konsep personal branding yang dilakukan oleh selebgram @adebae.77 melalui media sosial instagram serta strategi yang mempengaruhi keberhasilan personal branding tersebut. Selebgram sebagai fenomena sosial baru telah memanfaatkan instagram tidak hanya sebagai media berbagi foto dan vidio, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun citra diri yang baik dan dapat menarik perhatian publik Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pnegumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokuemntasi terhadap aktivitas instagram @adebae.77 serta beberapa followersnya. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa @adebae.77 dalam membangun Personal Branding di media sosial Instagram berdasarkan konsep Personal Branding spesialisasi adalah fokus pada konten memasak yang merupakan sebuah keahliannya. Keahlian yang ditampilkan tersebut membentuk sebuah konsep kepemimpinan @adebae.77 yang dapat mempengaruhi dan menginspirasi pengikutnya untuk memasak. Pada konsep kepribadian, @adebae.77 menonjolkan sikap yang baik dan ramah kepada pengikutnya. Perbedaan yang dimiliki @adebae.77 adalah resep masakan yang mudah diikuti, lokasi konten yang menarik perhatian audiens serta memiliki jargon khas disetiap opening videonya. @adebae.77 selalu menggunakan fitur Instagram untuk aktif menampilkan dirinya dihadapan audiens. Konten yang ia tampilkan sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang suka memasak. Dalam konsep keteguhan, @adebae.77 memperlihatkan dari tema kuliner yang awal kontennya sepi penonton hingga saat ini menjadi seorang selebgram masih tetap sama. Dari ketujuh konsep yang dilakukannya dengan positif dan baik, @adebae.77 mendapatkan reputasi yang baik dan kepercayaan oleh banyak orang. Adapun strategi @adebae.77 dalam membangun Personal Branding di Instagram adalah menentukan branding sesuai dengan minat dan tujuan untuk mengetahui target audiens, pemilihan platform yang tepat dilakukan dengan memahami karakteristik platform Instagram dan disesuaikan dengan target audiens, serta pemanfaatan fitur reels, instastory, caption, dan komentar. Adapun kontribusi peneliti terhadap teori didapati bahwa @adebae.77 memiliki waktu tersendiri dalam mengunggah konten untuk mendukung konten tersebut FYP. Kata kunci : Personal branding, selebgram, instagram
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:25 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |