Hubungan Teacher Belief Terhadap Praksis Guru dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se Kabupaten Rejang Lebong

Suri Lestari, Intan and Gunawan, Guntur and Meldina, Tika (2025) Hubungan Teacher Belief Terhadap Praksis Guru dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui teacher belief dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se Kabupaten Rejang Lebong. 2) mengetahui praksis guru dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se Kabupaten Rejang Lebong. 3) mengetahui hubungan teacher belief terhadap praksis guru dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, secara khusus berfokus pada analisis korelasi. Teknik probability sampling digunakan sebagai metode random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, memanfaatkan skala Likert sebagai instrumennya serta teknik analisis data berupa uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Temuan penelitian yang memanfaatkan teknik korelasi product moment adalah sebagai berikut: 1) teacher belief dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se Kabupaten Rejang Lebong berada pada kategori sangat baik. 2) praksis guru dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se Kabupaten Rejang Lebong berada pada kategori sangat baik. 3) terdapat hubungan yang signifikan antara teacher belief terhadap praksis guru dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se Kabupaten Rejang Lebong. Kata Kunci: Teacher Belief, Praksis Guru, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Suri Lestari, Intanintanlestari@iaincurup.ac.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 14 Jul 2025 09:04
Last Modified: 14 Jul 2025 09:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8377

Actions (login required)

View Item View Item