Maharani, Santika and Susilawati, Susilawati and purna putra, hastha (2025) Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Sekujang Masyarakat Suku Serawai Desa Tapak Gedung Kepahiang dan Relevansi dalam Pembelajaran Pkn. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI SANTIKA.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Santika Maharani, NIM. 21591188 dengan judul “Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Sekujang Masyarakat Suku Serawai Desa Tapak Gedung Kepahiang dan Relevansi dalam Pembelajaran PKN”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi Sekujang di desa Tapak Gedung Kepahiang. Tradisi Sekujang dilaksanakan secara turun-temurun sebagai wujud penghormatan terhadap leluhur dan memeriahkan hari raya Idul Fitri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan moral dalam tradisi Sekujang serta mengetahui relevansinya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian meliputi kepala desa, Badan Musyawarah Adat (BMA), sesepuh desa, karang taruna, anak-anak, dan guru PKN. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tradisi Sekujang terdiri dari dua tahap: persiapan (pembuatan topeng, kostum, obor, dan plang jalan) serta pelaksanaan (proses Nyabagh, pembagian kelompok, kunjungan rumah ke rumah sambil melantunkan pantun untuk meminta kue). Tradisi ini mengandung nilai-nilai pendidikan karakter seperti tanggung jawab, gotong royong, sopan santun, optimis, toleransi, dan ketaatan terhadap aturan. Namun, tercatat bahwa hanya sebagian masyarakat yang memahami nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tradisi Sekujang. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam tradisi ini relevan untuk diintegrasikan dalam pembelajaran PKN sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, tradisi Sekujang, pembelajaran PKN.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 09:12 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 09:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |