Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V di Sdn 01 Kepahiang

Intan Pratiwi, Deri and Wahyudi, Edi and Yunita Putri, Rizki (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V di Sdn 01 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI DERI INTAN PRATIWI .pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Deri Intan Pratiwi, NIM. 21591046 menulis skripsi berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN 01 Kepahiang”, dalam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 01 Kepahiang masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Pembelajaran (KKTP). Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti tertarik menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) yang menekankan keterlibatan aktif dan pengalaman langsung siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model CLIS, 2) mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan model CLIS, dan 3) mengetahui pengaruh model CLIS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental), dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan total 47 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest. Instrumen soal divalidasi oleh dosen IPAS dan diuji coba pada siswa kelas VI. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji Independent Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat dari 64,92 menjadi 80,33, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 65,52 menjadi 66,13. Hasil uji Independent Samples T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, sehingga Hₐ diterima. Artinya, ada pengaruh signifikan model CLIS terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, model CLIS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS. Kata Kunci: CLIS, Hasil Belajar, IPAS, Model Pembelajaran Aktif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Intan Pratiwi, Derideripratiwi@iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Yunita Putri, Rizkirizkiyunitaputri@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:37
Last Modified: 14 Jul 2025 07:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8367

Actions (login required)

View Item View Item