Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kahoot Terhadap Minat Belajar Siswa di Smkn 4 Rejang Lebong

Anindia, CIitra Puspa and Sutarto, Sutarto and Sagiman, Sagiman (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kahoot Terhadap Minat Belajar Siswa di Smkn 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
Fulltext Chitra.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Citra Puspa Anindia NIM. 21531028 “ Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kahoot Terhadap Minat Belajar Siswa di SMKN 4 Rejang Lebong “. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penggunaan media pembelajaran berbasis kahoot di SMKN 4 Rejang Lebong telah diterapan selama dua tahun dan siswa menunjukkan minat belajar yang baik, namun belum diketahui secara pasti apakah minat belajar siswa tersebut merupakan dampak dari penggunaan media pembelajaran berbasis kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penggunaan media pembelajaran kahoot di SMKN 4 Rejang Lebong, (2) mengetahui minat belajar siswa di SMKN 4 Rejang Lebong, (3) mengetahui apakah terdapat pengaruh pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis kahoot terhadap minat belajar siswa di SMKN 4 Rejang Lebong. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis korelasi. Populasi yang diambil pada penelitian ini siswa kelas X teknik komputer jaringan yang telah menggunakan media pembelajaran berbasis kahoot berjumlah 51 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 51 siswa dengan teknik pengambilan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, obervasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan bantuan IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini adalah: (1) penggunaan media pembelajaran berbasis kahoot di SMKN 4 Rejang Lebong dengan skor angket tertingigi 75 dan terrendah 30, diperoleh rata-rata sebesar 58,51berada dalam kategori sedang. (2) minat belajar siswa di SMKN 4 Rejang Lebong dengan skor angket tertinggi 72 dan terendah 31, diperoleh rata-rata sebesar 56,25 berada dalam kategori sedang. (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis kahoot terhadap minat belajar siswa di SMKN 4 Rejang Lebong ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,508, rtabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,276 (0,508 > 0,276) dan tingkat interprestasi korelasi pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis kahoot terhadap minat belajar siswa di SMKN 4 Rejang Lebong berada pada tingkat sedang atau cukup dengan rhitung sebesar 0,508. Kata kunci: Media pembelajaran berbasis kahoot dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anindia, CIitra Puspacitra.mhs@iaincurup.ac.id
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Sagiman, Sagimansagiman@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:43
Last Modified: 10 Jul 2025 07:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8339

Actions (login required)

View Item View Item