Hediani, Hediani and Bahri, Syaiful and Khair, Ummul (2025) Peran Guru Pai dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Media Sosial pada Siswa di Smp Negeri 1 Merapi Selatan Kabupaten Lahat. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
![]() |
Text
Hediani Fulltext.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Hediani NIM 21531062 “ Peran Guru PAI Dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Media sosial pada Siswa Di SMP Negeri 1 Merapi Selatan Kabupaten Lahat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan siswa yang belum disertai dengan pemahaman tentang etika digital. Kondisi ini memicu berbagai perilaku negatif, seperti paparan konten-konten yang kurang pantas, seperti video berjoget mengikuti tren TikTok, dan unggahan berdekatan dengan lawan jenis (pacaran) . Hal ini menjadi perhatian penting bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan yang mampu membimbing siswa dalam menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peran guru PAI dalam mengantisipasi dampak negatif media sosial pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Merapi Selatan Kabupaten Lahat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan utama adalah guru PAI, dengan kepala sekolah dan siswa sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian, guru PAI menjalankan peran dengan memberikan edukasi nilai nilai islam, memberikan bimbingan dan pembinaan, melakukan pendekatan personal, memberikan nasihat dan berperan sebagai teladan bagi siswa.Strategi yang digunakan meliputi strategi preventif (pemberlakuan aturan dan razia handphone), strategi kuratif (melibatkan Guru BP, dan kerja sama dengan orang tua), serta strategi edukatif (kegiatan diskusi, tugas kreatif, dan penyuluhan). Hambatan yang dihadapi guru antara lain kurangnya dukungan dari keluarga, kuatnya pengaruh lingkungan pertemanan, dan rendahnya kesadaran siswa dalam menggunakan media sosial secara bertanggung jawab. Temuan ini menegaskan perlunya kerja sama antara guru, sekolah, dan orang tua dalam menanamkan karakter positif kepada siswa agar mereka mampu menghadapi pengaruh media sosial secara bijak dan sesuai nilai-nilai Islam. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Media Sosial, Strategi Antisipasi, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:25 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |