Eksistensi Guru Al- Qur’an Hadis dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lebong

Rozeta, Desika and Arcanita, Rafia and Indrawari, Karliana (2025) Eksistensi Guru Al- Qur’an Hadis dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI_DESIKA_ROZETA_SUDAH_SIDANG[2].pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Desika Rozeta, NIM. 21531034 “Eksistensi Guru Al- Qur’an Hadis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Agama Islam IAIN Curup Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MAN 1 Lebong yang mengalami berbagai kesulitan, sehingga perlu upaya dari guru Al-Qur’an hadist untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bentuk kesulitan belajar membaca Al-Qur’an oleh guru Al-Qur’an hadis di MAN 1 Lebong. 2) Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an hadis dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di MAN 1 Lebong. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru Al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di MAN 1 Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga data yang disajikan bersifat deskriftif. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian kepala sekolah,guru Al-Qur’an hadist, dan siswa MAN 1 Lebong. Data dalam penelitian diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajiaan data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunak triangulasi waktu, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitain menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yaitu: kesulitan dalam mengucapkan huruf hijaiyah yang sama, kesulitan dalam membaca huruf yang bertajwid, kesulitan membaca huruf yang bersambung. 2) Eksistensi guru Al-Qur’an hadis yaitu: melaksanakan pembiasaan tadarus Al-Qur’an, membangkitkan minat pada siswa dalam membaca Al-Qur’an, mendorong dan memotivasi siswa untuk belajar membaca Al-Qur’an, pemilihan dan pengembangan metode pembelajaran, memberikan contoh teladan yang baik. 3) Faktor pendukung meliputi: keterampilan dan kemampuan guru dalam menyampaikan pembelajaran dan bakat dan minat siswa dalam membaca Al-Qur’an. Sedangkan, faktor penghambat meliputi: keterbatasan alokasi waktu dan kurangnya ketersediaan Al-Qur’an pada setiap kelas. 4) Solusi guru Al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di MAN 1 Lebong yaitu: Remedial atau pengulangan kembali, tutor teman sebaya dan pengolahan kelas. Kata kunci: Eksistensi guru Al-Qur’an Hadist, kesulitan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rozeta, Desikadesika.mhs@iaincurup.ac.id
Arcanita, Rafiarafiaarcanita@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Eksistensi guru Al-Qur’an Hadist, kesulitan membaca Al-Qur’an.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:24
Last Modified: 08 Jul 2025 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8301

Actions (login required)

View Item View Item