Wahyuni, Hafidzho and Purnama Sari, Dewi and Siswanto, Siswanto (2025) Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Pengelolaan Kelas di Min 03 Durian Depun Kepahiang. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
HAFIDZHO WAHYUNI NIM. 21531059.pdf Download (5MB) |
Abstract
ANALISIS KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MIN 03 DURIAN DEPUN KEPAHIANG ABSTRAK Pengelolaan kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas untuk mencapai tujuan pengajaran efisien. MIN 03 Kepahiang memiliki sarana dan prasarana yang memadai, masih ditemukan berbagai permasalahan dalam pembelajaran, seperti kurangnya perhatian siswa, siswa yang mengobrol dan keluar-masuk kelas saat pembelajaran berlangsung, serta rendahnya partisipasi aktif siswa. Dengan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dalam mendesain lingkungan fisik kelas dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1). kemampuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MIN 03 Durian Depun Kepahiang, 2). Hambatan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengelolaan kelas di MIN 03 Durian Depun Kepahiang, 3). Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi hambatan dalam pengelolaan kelas di MIN 03 Durian Depun Kepahiang Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengampu mata pelajaran Fikih, Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data serta teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki 1). kemampuan yang cukup baik dalam mendesain lingkungan fisik kelas berupa penyusunan meja, kursi, pencahayaan maupun materi yang di sampaikan mudah di akses baik dari guru menyampaikan maupun siswa/I yang memperhatikan. Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran dengan menggunakan gaya pengelolaan kelas yang variatif, menjelaskan aturan dan prosedur secara jelas dengan melibatkan siswa dalam penyusunannya, dan memberikan penguatan terhadap perilaku yang sesuai serta membangun hubungan positif dengan siswa. Meskipun begitu dalam mencipatakan lingkungan yang positif ternyata siswa/I masih sering tidak memperhatikan guru sehingga mendapatkan hambatan 2). Hambatan yang di hadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI), seperti siswa yang tidak disiplin, kurang aktif, dan suka mengganggu kelas. 3). Upaya dalam mengatasi hambatan guru melakukan pendekatan personal, memberikan motivasi dan penghargaan, serta menyusun aturan kelas bersama siswa agar tercipta rasa tanggung jawab. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Pengelolaan Kelas, Pendidikan Agama Islam, MIN 03 Durian Depun Kepahiang
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Guru, Pengelolaan Kelas, Pendidikan Agama Islam, MIN 03 Durian Depun Kepahiang | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:58 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:58 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |