AINI, IQRO and Sutarto, Sutarto and Sagiman, Sagiman (2025) Internalisasi konsep P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk menumbuhkan kemampuan berfikir kreatif siswa di SMP IT Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
FIKS CETAK(1).pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Iqro Aini NIM. 21531071 “Internalisasi Konsep P5 dalam pembelajaran PAI Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kreatif siswa di SMP IT Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi konsep Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMP IT Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan karakter dan kemampuan berpikir kreatif di era globalisasi, serta peran strategis sekolah dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran demi membentuk generasi yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan kepala sekolah di SMP IT Rabbi Radhiyya. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian diarahkan pada pelaksanaan internalisasi konsep P5 dalam pembelajaran PAI serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi konsep P5 di SMP IT Rabbi Radhiyya berjalan dengan baik melalui berbagai kegiatan pembelajaran dikelas, intrakurikuler, ektrakurikuler, dan projek berbasis tema yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Kegiatan pembelajaran PAI diarahkan untuk menanamkan nilai-nilai religius, gotong royong, kemandirian, bernalar ktritis, serta kreatifitas. Dampaknya kemampuan berfikir siswa mengalami peningkatan yang terlihat dari kemampuan mereka dalam menghasilkan gagasan baru, menyelesaikan permasalahan secara inovatif, serta berpatisipasi aktif dalam kegiatan projek. Meskipun demikian, masih terdapat kendala serta keterbatasan sarana dan kurangnya pemahaman sebagian guru dalam mengembangkan metode pembelajaran berbasis projek secara optimal. Kata Kunci : Internalisasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Berfikir kreatif, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | nternalisasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Berfikir kreatif, Pendidikan Agama Islam. | ||||||||
Subjects: | L Education > LA History of education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:50 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:50 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |