Wanti, Meta Putri Rahma and Putri Palupi Dini, Putri Palupi Dini and Septiana Anisya, Septiana Anisya (2025) Pengaruh Model Sains, Teknologi, dan Masyarakat (Stm) Terhadap Kemampuan SpasialDalam Pembelajaran Matematika Di Smp Negeri 2 Tebat Karai. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
SKRIPSIIII Meta Putri R .pdf Download (19MB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan, peserta didik cenderung dominan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang memerlukan visualisasi dan manipulasi objek, seperti menggambar diagram, atau memecahkan masalah yang terkait dengan bentuk dan ruang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) dalam pembelajaran Matematika; 2) Untuk mengetahui kemampuan spasial siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM); 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) terhadap kemampuan spasial siswa dalam pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Tebat Karai Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain PreEksperiment One-Group Pretest- Posttest Design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tebat Karai. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling sehingga diperoleh kelas IXB sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan spasial (pretest dan posttest), dan lembar observasi (guru dan aktivitas siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-T Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan; 1) pelaksanaan proses pembelajaran terhadap guru yang memiliki rata-rata sebesar 83% yang menandakan penerapan model pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Kemudian pelaksanaan proses pembelajaran aktivitas siswa yang memiliki rata-rata total adalah 80%, yang artinya penerapan model pembelajaran terlaksana dengan sangat baik; 2) nilai rata-rata pada pretest hanya sebesar 21,14 sedangkan peningkatan terjadi ketika hasil posttest yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,14; 3) hasil uji hipotesis pada nilai kemampuan spasial yang terjadi pada pretest dan posttest yaitu dengan adanya taraf sig. 0,000 < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa penerapan model Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) berpengaruh terhadap kemampuan spasial. Kata Kunci: Model Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM), Kemampuan Spasial, Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:13 | ||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:13 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |