Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XII MAN 01 Kepahiang

Ijatul Umah, Dewi and Muhammad, Idris and Cikdin, Cikdin (2025) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XII MAN 01 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DEWI IJATUL UMAH.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran sudah seharusnya menekankan pada kemampuan berpikir kritis. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik merupakan metode yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sistem pembelajaran yang selama ini diterapkan belum mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sehingga, penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis yang bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran fiqih di kelas XII MAN 01 Kepahiang”. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini terbagi menjadi dua variabel , yang bertujuan untuk mengukur dan menganalisis data secara statistik guna mengidentifikasi pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran fiqih dikelas XII MAN 01 Kepahiang. Dalam penelitian kuantitatif, fokus utama adalah pada pengumpulan dan analisis data numerik yang memungkinkan peneliti untuk menyimpulkan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian survey. Desain ini dipilih karena peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data, misalnya dengan mengedarkan kuisioner dan test. Sampel data yang digunakan pada penelitian ini yaitu 30 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Bedasarkan hasil pengujian hipotesis pada kemampuan berfikir kritis diperoleh thitung 1,771 dan ttabel 0,002 karena thitung ≥ ttabel maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai determinasi sebesar 38,44%. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis anak sebesar 38,44%. Sedangkan sisahnya sebesar 61,54% dipengaruhi dari variabel lain seperti lingkungan, keluarga, dan sekolah. Dapat disimpulkan bahwasannya ada pengaruh yang positif dan signifikan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik. Artinya pendekatan saintifik memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ijatul Umah, Dewidumah@iaincurup.ac.id
Muhammad, Idrisidrismuhammad@iaincurup.co.id
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:38
Last Modified: 11 Mar 2025 06:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8210

Actions (login required)

View Item View Item