Isnatul Khoiroh, Suci and Taqiyuddin, Muhammad and Siswanto, Siswanto (2025) Pengaruh Pemberian Penguatan (Verbal Dan Nonverbal) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VIII di MTs Negeri 1 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Suci Isnatul Khoiroh.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 1 Kepahiang Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang dilatarbelakangi oleh adanya pemberian penguatan yang dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik, studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana penguatan verbal dan nonverbal yang diberikan kepada peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri 1 Kepahiang. Adakah pengaruh pemberian penguatan verbal dan nonverbal terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri 1 Kepahiang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian penguatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 1 Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian survey. Desain ini dipilih karena peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data, misalnya dengan mengedarkan kuisioner dan test. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 30 peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 1 Kepahiang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: Pertama, adanya pengaruh positif dan signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 1 Kepahiang dengan thitung sebesar 0,449 dan nilai ttabel untuk 30 responden dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,361 maka dapat diketahui thitung > ttabel atau 0,449 > 0,361. Kedua, ada pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan nonverbal terhadap motivasi belajar peserta didik dengan thitung sebesar 0,763 dan nilai ttabel untuk 30 responden dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,361 maka dapat diketahui thitung > ttabel atau 0,763 > 0,36, Ketiga, Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara pemberian penguatan verbal dan nonverbal terhadap motivasi belajar peserta didik dengan dengan Fhitung sebesar 20,008 dan nilai Ftabel untuk 30 responden dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,42 maka dapat diketahui Fhitung < Ftabel atau 20,008 < 2,42 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan besarnya persentase (%) pengaruh yang ditimbulkan variabel pemberian penguatan terhadap variabel motivasi belajar peserta didik yang dilambangkan dengan R square (R2) yaitu 0.597, artinya bahwa pengaruh variabel pemberian penguatan (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y) peserta didik adalah sebesar 59,7%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:35 | ||||||||
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:35 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |