TIRASYAH, TIA DESVITA and Wahyuningsih, Wiwin Arbani and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Penggunaan Media Dakota Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sdit Binbaz. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI TIA DT PGMI.pdf - Accepted Version Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK TIA DESVITA TIRASYAH, NIM.19591237 “Pengaruh Penggunaan Media Dakota Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Binbaz Curup”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Media Dakota adalah sebuah media tiga dimensi yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Media tiga dimensi yaitu media yang penampilannya mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi/tebal serta dapat diamati dari arah mana saja. Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan rendahnya hasil belajar terhadap siswa karena pembelajaran hanya menggunakan Model Pembelajaran yang monoton atau model pembelajaran konvensional dan berpusat pada guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV yang diasumsikan menggunakan media Dakota di SD Binbaz Curup, 2) agar siswa lebih berperan aktif dan mencoba sendiri sehingga tidak hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru, 3) siswa diharapkan mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian quasi eskperimen Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV A berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B berjumlah 23 orang sebagai kelompok eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media Dakota sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dari pengaruh penggunaan Media Dakota menunjukkan bahwa; 1) didapatkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 80. Berdasarkan hasil rata-rata posttest tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan sebelum dan sesudah menggunakan Media Dakota. 2) Dari hasil analisis uji hipotesis didapatkan nilai thitung 1.977 > ttabel 1.674 dengan taraf signifikan 0,05. Maka, Ha diterima dan Ho ditolak, jadi dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan dengan diterapkannya Media Dakota dalam pembelajaran matematika terhadap siswa kelas IV SD IT BINBAZ Curup. Kata Kunci : Media Pembelajaran Dakota terhadap Hasil Belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:43 | ||||||||
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:43 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |