Rahmad Erdwardo, Rahmad Erdwardo and abdul, sahib and Siswanto, Siswanto (2025) Pengaruh Permainan Bola Bekel Terhadap Daya Ingat Siswa Kelas Iii-A Saat Pembelajaran Matematika Di Mim 10 Karang Anyar. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
SKripsi sidang(2).pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmad Erdwardo, NIM. 19591170, “Pengaruh Permainan Bola Bekel Terhadap Daya Ingat Siswa Kelas III A Saat Pembelajaran Matematika Di MIM 10 Karang Anyar”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Namun kurangnya pemahaman konsep dalam matematika membuat siswa sulit untuk mengingat materi yang di ajarkan oleh guru. Sehingga guru perlu mengembangkan media dan strategi pembelajaran yang bisa membantu siswa dalam mengingat konsep matematika yang diajarkan. Maka dari itu peneliti mecoba menggunakan media pembelejaran permainan bola bekel dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan media yang asik dan menyenangkan diharapkan siswa mampu mengingat konsep matematika dengan baik dan benar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk; 1) Mengetahui pengaruh permainan bola bekel terhadap daya ingat siswa dalam pembelajaran matematika; 2) Untuk mengetahui pengaruh permainan bola bekel terhadap daya ingat siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III A. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan angket, serta analisis data dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Sebelum penerapan permainan bola bekel, daya ingat siswa kelas III A di MIM 10 Karang Anyar dalam memahami konsep dasar matematika, khususnya operasi penjumlahan dan pengurangan, tergolong rendah. Pembelajaran tanpa alat bantu membuat siswa kesulitan mengingat dan memahami materi, sementara metode konvensional kurang efektif dalam penerapanya pada konsep matematika; 2) Setelah penerapan permainan bola bekel, terjadi peningkatan signifikan dalam daya ingat siswa. Aktivitas berulang yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan memudahkan pemahaman konsep dasar matematika. Uji Regresi Linier Sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan permainan bola bekel berkontribusi 89,2% terhadap peningkatan daya ingat siswa, sementara 10,8% dipengaruhi faktor lain. Kata Kunci: Bola Bekel, Matematika, Daya Ingat
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bola Bekel, Matematika, Daya Ingat | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:08 | ||||||||
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:08 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |