Peningkatan kemampuan membaca Aksara Kaganga melalui penggunaan Buku belajar cepat huruf Kaganga dengan metode Iqra’ di muatan lokal Aksara Kaganga kelas IV SD Negeri 61 Lebong

Pratama, Irvan Putra and Zulaiha, Siti and Amanah Rahma Ningtyas, Amanah Rahma Ningtyas (2025) Peningkatan kemampuan membaca Aksara Kaganga melalui penggunaan Buku belajar cepat huruf Kaganga dengan metode Iqra’ di muatan lokal Aksara Kaganga kelas IV SD Negeri 61 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
irvan.pdf

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di SD Negeri 61 Lebong, khususnya kelas IV pada muatan lokal Aksara Kaganga. Guru telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca Aksara Kaganga, seperti metode ceramah, tanya jawab, serta penggunaan Buku belajar cepat huruf Kaganga dengan metode Iqra’. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca Aksara Kaganga serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek kepala sekolah, guru muatan lokal, dan siswa kelas IV. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Buku belajar cepat huruf Kaganga dengan metode Iqra’ terbagi menjadi beberapa materi yaitu, 1-4 huruf Aksara Kaganga, huruf Ngimbang Aksara Kaganga, dan tanda baca huruf Kaganga. Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa terlihat pada indikator penilaian yaitu, kecakapan membaca, membedakan huruf dan tanda baca, dan menggabungkan huruf menjadi kata. Faktor pendukung peningkatan kemampuan membaca Aksara Kaganga yaitu pada aspek psikologis adalah motivasi belajar siswa, rasa percaya diri, dan dukungan dari guru. Sebaliknya, faktor penghambatnya yaitu terdapat pada aspek lingkungan seperti, bahan bacaan terbatas, suasana kelas, perhatian orang tua. Dan pada aspek intelektual yaitu mengeja huruf Ngimbang, perbedaan kecepatan membaca siswa, tanda perubahan bunyi, dan tanda muris huruf yang sulit dibaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pratama, Irvan Putrairvanputrapratama@iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Amanah Rahma Ningtyas, Amanah Rahma NingtyasUNSPECIFIED
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 27 Feb 2025 01:44
Last Modified: 27 Feb 2025 01:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item