Dewi, Arni Kartika and Azwar, Beni and rizal, syamsul (2018) Penerapan Model Pembelajaran Komperatif LEearning Tipe A Match untuk Meningkatkan Kecepatan Pemahaman Siswa Kelas X Bidang Studi PAI di SMA NEGERI 1 Rejang Lebong. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
STRATEGI MODELING PARTISIPAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP .pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kecepatan Pemahaman Siswa Kelas X Bidang Studi PAI Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong Oleh Arni Kartika Dewi 14531126 Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi seluruh masyarakat. dimana pendidikan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. pada intinya pendidikan itu adalah suatu proses pembelajaran. Salah satunya pembelajaran PAI Mata pelajaran PAI merupakan salah satu pelajaran yang di ajarkan disekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make A Match untuk meningkatkan kecepatan pemahaman siswa kelas X bidang studi PAI di SMA Negeri 1 Rejang Lebong, bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make A Match pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Rejang Lebong dan Bagaimana peningkatan kecepatan pemahaman siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make A Match pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejang lebong. penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rejang Lebong pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 pada materi Iman kepada Allah SWT. Teknik pengumpulan data terdiri adari observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan dalam penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus. Dari hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa sebelum diterapkan model Kooperatif Learning Tipe Make A Match pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI belum mengalami peningkatan, dari jumlah 25 siswa dan KKM 75 skor rata-rata pada pra siklus mencapai 68,8 dan untuk persentase ketuntasannya adalah 32%. Hal ini memperlihatkan masih rendahnya pemahaman siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata mulai meningkat menjadi 79,6 dan persentase ketuntasan menjadi 60%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84 dan persentase ketuntasannya menjadi 80%. Dalam hal ini pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI telah mengalami peningkatan pada setiap siklus. Kata Kunci : Penerapan, Make A Match, Pemahaman
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Make A Match; Pemahaman | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2019 04:15 | ||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2019 04:15 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8 |
Actions (login required)
View Item |