Penerapan Bauran Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Di E-Commerce Aplikasi Shopee Pada Akun Bunga Store

Anrial, Anrial and Syaputri Kurnia, Intan and Cancer, Tania (2025) Penerapan Bauran Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Di E-Commerce Aplikasi Shopee Pada Akun Bunga Store. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa aplikasi shopee untuk dijadikan bahan penelitian karena berdasarkan observasi di lapangan banyak online shop yang mempunyai toko di shopee, melakukan transaksi berjualan di shopee yang menguntungkan salah satuinya adalah toko Bunga Store merupakan bisnis dibidang fhasion, selain mempunyai toko offline, tetapi Bunga Store juga mempunyai toko online yaitu di shopee. Toko Bunga Store ini sudah cukup terkenal dan juga sudah cukup lumayan penghasilan jualannya. Jadi peneliti ingin melihat apa saja strategi yang digunakan oleh toko Bunga Store dalam mempromosikan jualannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan bauran strategi komunikasi pemasaran digital di e-commerce aplikasi shopee pada akun Bunga Store. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah owner Toko Bunga Store. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tenik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing and varification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bauran strategi komunikasi pemasaran digital di e-commerce aplikasi shopee pada akun bunga store sudah diterapkan oleh toko tersebut menggunakan akun official resmi pada toko tersebut. Dalam pemasarannya ia sangat memperhatikan bauran pemasaran yang mencakup produk (product), harga (price), distribusi (place), promosi (promotion). Dalam strategi pemasaran ini, untuk dapat mencapai sasaran pasar yang dituju sekaligus mencapai tujuan dan sasaran toko. Semua kegiatan toko diarahkan untuk memenuhi keinginan dan memuaskan kebutuhan costumer mulai dari perancangan produk, penentuan komposisi bahan, bentuk, kemasan, harga, promosi, dan sebagainya. Selain itu juga platform shopee ini juga merupakan aplika yang sudah cukup efektif untuk memasarkan barang karena terdapat fitur-fitur yang menarik costumer seperti Voucher diskon, potongan harga dan metode pembayaran yang beragam sehingga memudahkan costumer dalam bertransaksi. Kemudian, bukan hanya itu Toko ini juga memanfaatkan media sosial lainnya seperti instagram untuk memperomosikan barangnya. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital E- Commerce

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anrial, Anrialanrialma@gmail.com
Syaputri Kurnia, Intanintankurniasyaputri@gmail.com
Cancer, Taniatania.mhs@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:53
Last Modified: 26 Feb 2025 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7998

Actions (login required)

View Item View Item