Nurrahma Refsiana, Nurrahma and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2025) Pengaruh Permainan Kartu Truth Or Dare Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Ppkn Kelas V Sdn 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
[Revised] SKRIPSI_AMA_BENAR[1].pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurrahma Refsiana, NIM. 20591137, “Pengaruh Penggunaan Permainan Kartu Truth Or Dare Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas V SD N 12 Rejang Lebong”. Skripsi pada program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya guru dalam menerapkan permainan pembelajaran sehingga banyak siswa yang merasa jenuh akan kegiatan pembelajaran satu arah yang monoton, khususnya pada mata Pelajaran PPKn. Penelitian ini memiliki tujuan untuk; 1). Mengetahui pengaruh penggunaan permainan kartu Truth Or Dare terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran PPKN kelas V SDN 12 Rejang Lebong. 2). Mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif siswa diajar menggunakan permainan kartu Truth Or Dare dengan kemampuan kognitif siswa diajar secara konvensional di kelas V SDN 12 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Control Group Pretest-Postest Design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 5 yang dibagi menjadi dua kelas, kontrol dan kelas eksperimen dengan total sampel adalah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Terdapat pengaruh permainan kartu Truth Or Dare dalam pembelajaran PPKN terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V di SDN 12 Rejang Lebong hal ini dapat dilihat hasil uji independent t test, hipotesis pada penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa penerapan permainan kartu Truth Or Dare memiliki pengaruh. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dibuktikan dengan lebih besarnya nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata Kunci: Permainan Kartu Truth Or Dare, Kemampuan kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Kartu Truth Or Dare, Kemampuan kognitif | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2025 08:14 | ||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2025 08:14 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |