Rista, Intan and Nelson, Nelson and Amrullah, Amrullah (2025) Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Kurikulum Merdeka di SMPN 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
SKRIPSI Intan Rista.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Rejang Lebong dengan latar belakang rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), terutama setelah penerapan Kurikulum Merdeka. Perubahan kurikulum ini membawa dampak besar pada strategi pembelajaran, yang kini menuntut pendekatan lebih fleksibel dan berpusat pada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 4 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber dengan membandingkan informasi dari kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 4 Rejang Lebong bervariasi. Sebagian besar siswa memiliki motivasi intrinsik yang baik, ditandai dengan kesadaran akan pentingnya PAI, antusiasme belajar, dan penerapan nilai agama, sementara sebagian lainnya masih kurang termotivasi, terlihat dari sikap pasif dan kesulitan memahami materi. Motivasi ekstrinsik juga berperan, dipengaruhi oleh dukungan guru, orang tua, dan lingkungan sekolah. Untuk meningkatkannya, guru PAI menerapkan strategi pembelajaran langsung, tidak langsung, interaktif, eksperimen, dan mandiri. Faktor pendukung, seperti semangat siswa dan fasilitas sekolah, sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu dan perbedaan kemampuan siswa. Namun, strategi guru PAI dalam Kurikulum Merdeka terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik secara signifikan. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:09 | ||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:09 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |