Rani Amelia, RA (2025) ANALISIS AYAT TENTANG MUDAHNYA MENGHAFAL AL-QUR‟AN DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP MAHASANTRI MA‟HAD AL- JAMI‟AH IAIN CURUP (Studi Living Qur’an). Sarjana thesis, IAIN Curup.
![]() |
Text
FILE CD RANI b.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dari hasil awal observasi peneliti terdapat berbagai permasalahan yang muncul terhadap beberapa program di Ma‟had Al-Jami‟ah IAIN Curup di antaranya tentang kedisiplinsn program belajar malam mahasantri, masih ada yang belum melaksanakannya dengan sungguh-sungguh, yang mana peneliti kaitkan pada surah Al-Qamar Ayat 17, 22, 32 dan 40. Penelitian ini termasuk penelitian Living yang mana data diperoleh dari penelitian pada Ma‟had Al-Jami‟ah IAIN Curup dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis QS. Al-Qamar Ayat 17, 22, 32 dan 40 dan penerapannya terhadap mahasantri Ma‟had Al-Jami‟ah IAIN Curup. Ayat ini mengandung pesan yang mendalam mengenai petunjuk hidup dan pembelajaran dari kisah-kisah yang tertulis dalam Al-Qur‟an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Surah Al-Qamar ayat 17, 22, 32 dan 40 mengajarkan tentang pentingnya belajar dari sejarah yang terjadi di masa lalu sebagai bentuk peringatan. Implementasi ayat ini di kalangan mahasantri dapat dilakukan dengan mengembangkan sikap kritis, tanggung jawab dalam menuntut ilmu, serta mengaplikasikan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami ayat ini secara mendalam, mahasantri diharapkan dapat memperkuat pemahaman agama mereka, meningkatkan kualitas pribadi, dan menjadi teladan bagi masyarakat sekitar. Kata Kunci: Mahasantri; Belajar malam; Ma‟had Al-Jami‟ah; Al-Qamar Ayat 17, 22, 32 dan 40
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works | ||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||
Date Deposited: | 24 Feb 2025 04:24 | ||||
Last Modified: | 24 Feb 2025 04:24 | ||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |