Hidayat, Nopi and Taqiyudin, Taqiyudin and Fadilah, Fadilah (2016) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa (Studi Kasus Kelas VIII1 di SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA ( STUDI KASUS KELAS VIII1 DI SMP NEGERI KARA~1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini diangkat dengan latar belakang untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di SMPN Karang Jaya. Karena semua orang tahu betapa pentingnya kita mendapatkan pendidikan, baik itu pendidikan umum maupun pendidikan khusus untuk pelajaran Agama Islam, agar nantinya kita tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan umum akan tetapi juga ilmu tentang Agama Islam, supaya kita bermanfaat tidak hanya di dunia juga bekal untuk di akhirat kelak. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Karakter Religius Siswa di Kelas VIII1 di SMP Negeri Karang Jaya. (2) Bagaimana Pelaksanaan Dalam Membentuk Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII1 di SMP Negeri Karang Jaya. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMPN Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pelaksaan Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius Siswa. Subyek dalam penelitian ini ialah kepala Sekolah, Guru PAI, Siswa. Data diambil berdasarkan data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengolaan data dari hasil wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian teknik pengolaan data mengunakan reduksi data dan display data atau penyajian data. Dan untuk interpretasi data dengan menafsirkan dalam bentuk uraian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa, Pertama Pelaksanaan PAI di SMPN Karang Jaya Kecamatan Karang Jaya sudah terlaksana dengan baik karena mengacu pada kurikulum KTSP. Pedoman dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) juga sudah disesuaikan dengan kurikulum 2004 tersebut. dapat diketahui pelaksanaan pendidikan agma Islam dalam membentuk karakter religius siswa. Dari hasil jawaban tadi yang menjawab selalu sebanyak 48.05%, responden yang menjawab sering sebanyak 34.86%, responden, yang menjawab jarang sebanyak 12.8%, responden dan yang menjawab tidak pernah sebanyak 4.30%. dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa sudah dapat dikatakan baik sekali, hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban angket yang menjawab selalu sebanyak 48.05%. Kedua Pelaksanaan pembelajaran PAI di SMPN Karang Jaya Kecamatan Karang Jaya terangkat dari komponen-komponen yang terdiri atas: tujuan, materi, siswa, guru, metode, media, evaluasi, hapalan, menulis huruf arab, Ayat kursi, surat yasin dan menulis doa-doa yang baik. dan lingkungan. Masing-masing komponen memiliki fungsi tersendiri yang mana keseluruhan komponen tersebut saling bekerja bersama sama guna mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah ditetapkan, yaitu mencetak generasi Muslim yang ber-tafaqqunfiddin, bertaqwa, berpengetahuan luas dan berakhlak mulia.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Membentuk Karakter Religius Siswa | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 7 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2019 05:07 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2019 05:07 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/79 |
Actions (login required)
View Item |