Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kreativitas Siswa Pada Proses Pembelajaran di Min 04 Kepahiang

Wijaya, Bima Satria and Rafia, Rafia and Maryati, Ana (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kreativitas Siswa Pada Proses Pembelajaran di Min 04 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
``UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MIN 04 KEPAHIANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha yang bertujuan untuk mempersiapkan individu agar dapat hidup secara bermakna dalam masyarakat, serta mampu berkontribusi dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas hidup komunitas dan bangsa. Salah satu potensi utama yang dimiliki oleh setiap individu adalah kreativitas. Menurut Gallagher mengungkapkan bahwa kreativitas berhubungan dengan kemampuan untuk menciptakan, mengadakan, menemukan suatu bentuk baru dan atau untuk menghasilkan sesuatu melalui keterampilan imajinatif, hal ini berarti kreativitas berhubungan dengan pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan orang lain. Dari hasil observasi yang dilakukan di MIN 04 Kepahiang ditemukan siswa sudah memiliki kemampuan kreativitas dikarenakan guru telah menggunakan metode yang tepat dalam mengembangkan kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kreativitas siswa pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research) dan pendekatan kuallitatif deskriptif, dilaksanakan di MIN 04 Kepahiang pada bulan februari 2024. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI (Aqidah Akhlak) dan beberapa siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas siswa dengan adanya berbagai indikator guru kreatif dan pembuatan perangkat belajar seperti silabus, RPP, menggunakan metode pembelajaran, strategi dan penggunaan media pembelajaran yang relevan sesuai dengan materi yang diajarkan. serta faktor yang mendukung seperti sarana prasarana yang cukup dan dukungan orang tua siswa untuk mengembangkan kreativitas siswa dan faktor penghambat seperti kurang aktif siswa dan kurangnya ruang kelas yang menggangu proses pembelajaran dan perlu ditingkatkan kinerja guru dan fasilitas yang ada disekolah. Kata Kunci: guru PAI, kreativitas Siswa, Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wijaya, Bima Satriabimasatriawijaya@iaincurup.ac.id
Rafia, Rafiarafiaarcanita@iaincurup.ac.id
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:48
Last Modified: 06 Feb 2025 03:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7876

Actions (login required)

View Item View Item