Renaldo Saputra, Renaldo and Mustar, Saidil and Putra, Alven (2024) Inovasi Pembelajaran Melalui Kurikulum Merdeka Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp N 1 Ujan Mas. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Text
RENALDO SAPUTRA NIM 205311133.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK RENALDO SAPUTRA, NIM 20531133”Inovasi pembelajaran melalui kurikulum merdeka untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada ,mat pelajaran PAI di SMPN 1 Ujan Mas”,Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Curup Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VII SMPN 1 Ujan Mas. Tujuan penelitian ini pertama, untuk mengetahui Implementasi kurikulum merdek belajar pada pembelajaran PAI. Kedua, mengetahui Inovasi pembelajaran setelah dilaksanakan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PAI di di SMPN 1 Ujan Mas. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Sumber data menggunakan data primer dari wawancara dengan guru PAI, dan siswa, serta sumber data sekunder. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi/kesimpulan. Tringulasi data dalam penelitian ini yaitu tringulasi sumber, tempat dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, bahwa Proses pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka di SMPN 01 Ujan Mas berjalan dengan fleksibel dan berpusat pada kebutuhan siswa. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorasi materi sesuai minat mereka dan mengaitkannya dengan situasi nyata yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai metode pembelajaran digunakan, seperti diskusi, studi kasus, dan pembelajaran berbasis proyek, yang mendorong keterlibatan aktif siswa. Kedua, Inovasi pembelajaran setelah dilaksanakan kurikulum merdeka bahwa integrasi metode tradisional dan modern dalam pembelajaran PAI, termasuk penggunaan teknologi dan pendekatan berbasis proyek, efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan menerapkan nilai-nilai agama dalam konteks nyata. Hal ini sejalan dengan prinsip Merdeka Belajar, yang menekankan kebebasan guru dan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Minat belajar , Pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Minat belajar , Pembelajaran PAI. | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 08:05 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 08:05 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7821 |
Actions (login required)
View Item |