Rizky, Alief and Komala Dewi, Ratih and Sholihin, Muhammad (2024) Pengaruh Literasi Digital, Penerimaan Teknologi, Kepercayaan Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Infaq Shadaqah Dengan Religiusitas Sebagai Moderator. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Text (PENGARUH LITERASI DIGITAL, PENERIMAAN TEKNOLOGI, KEPERCAYAAN DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN INFAQ SHADAQAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI MODERATOR)
fulltext Alief Rizky.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Infaq dan shadaqah atau yang lebih dikenal dengan istilah memberi, adalah bentuk amal atau sumbangan sukarela dalam islam. Infaq dan shadaqah pada saat ini tidak hanya dilakukan offline tetapi juga bisa dilakukan secara online melalui ecommerce. Munculnya kemudahan ini mampu mengubah tingkat literasi, penerimaan teknologi, dan kepercayaan seseorang dalam bertransaksi dengan tingkat religiusitas dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam berinfaq dan shadaqah. Penelitian ini untuk melihat pengaruh literasi digital, model penerimaan teknologi, kepercayaan konsumen dan brand awareness terhadap keputusan membayar infaq dan shadaqah menggunakan e-commerce dengan religiusitas sebagai variabel moderator. Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan kuantitatif dengan jenis eksplanatori research (sebab-akibat), data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Strata 1 (S1) angkatan 2023-2024 IAIN Curup berjumlah 4863 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 373 orang diambil berdasarkan software G-power dalam menghitung statistical power. Instrumen penelitian menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0 dan teknik analisinya menggunakan explanatory factor analysis (EFA), confirmatory factor analysis (CFA) dan structural equation model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa pengaruh langsung literasi digital, model penerimaan teknologi, kepercayaan konsumen dan brand awareness terhadap keputusan berinfaq dan bershadaqah berpengaruh signifikan. Terkecuali variabel model penerimaan teknologi dan brand awareness terhadap keputusan berinfaq. Religiusitas memoderatori hubungan antara literasi digital dan model penerimaan teknologi terhadap keputusan berinfaq dan bershadaqah, variabel religiusitas belum mampu memoderatori hubungan antara kepercayaan konsumen dan brand awareness terhadap keputusan berinfaq dan bershadaqah. Kata Kunci: Literasi digital, model teknologi, kepercayaan konsumen, brand awareness, keputusan, infaq, shadaqah, religiusitas
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi digital, model teknologi, kepercayaan konsumen, brand awareness, keputusan, infaq, shadaqah, religiusitas | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2025 02:57 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2025 02:57 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7818 |
Actions (login required)
View Item |