Pengaruh Penerapan Metode Role Reversal Question Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Iv Sdn 17 Rejang Lebong

APRILIA, WAHYUNI and Sahib, Abdul and Fransiska, Jenny (2024) Pengaruh Penerapan Metode Role Reversal Question Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Iv Sdn 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
Wahyuni Aprilia .pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK WAHYUNI APRILIA, NIM 20591199 “Pengaruh Penerapan Metode Role Revelsal Question terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SDN 17 Rejang Lebong ”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (IAIN) Curup. Rendahnya tingkat antusias siswa dalam pembelajaran, yang disebabkan oleh penerapan metode yang kurang tepat. Akibatnya, siswa hanya duduk, mencatat, mendengarkan, dan menyelesaikan tugas tanpa suasana belajar yang menarik. Kurangnya interaksi antara siswa dan guru membuat pembelajaran terasa membosankan, sehingga siswa menjadi pasif meskipun materi yang disampaikan belum sepenuhnya dipahami. Selain itu, keterbatasan guru dalam menggunakan metode yang lebih inovatif dan kecenderungan untuk mengandalkan metode konvensional semakin mengurangi minat dan semangat siswa dalam belajar.Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan metode Role Reversal Question. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui keaktifan siswa sebelum penerapan metode Role Reversal Question, 2) untuk mengetahui keaktifan siswa setelah penerapan metode Role Reversal Question dan 3) untuk mengetahui pengaruh metode Role Reversal Question terhadap keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen, menggunakan tipe one group pre-test post-tes(tes sebelum dan setelah perlakuan pada satu kelompok). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang diterapkan mencakup observasi,angket dan dokumentasi. Pengujian validitas dan reliabilitas data juga dilakukan. Analisis data mencakup Deskripsi Data, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji T, serta uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan utama: 1) Sebelum penerapan metode Role Reversal Question, tingkat keaktifan belajar siswa dilihat dari hasil pre-tes dimana memiliki nilai rata-rata 65,12. Ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum penerapan metode pembelajaran masih rendah. 2) Setelah penerapan metode Role Reversal Question, nilai rata-rata pada post-tes di kelas eksperimen meningkat menjadi 76,08, yang mencerminkan adanya peningkatan keaktifan belajar setelah penerapan metode tersebut. 3) Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji T diperoleh nilai sig (1-tailed) sebesar 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. nilai N-Gain mean menunjukan 0,528. Artinya termasuk dalam kategori sedang dan nilai N-Gain persen mean menunjukan nilai 58.27%Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Role Reversal Question cukup efektif meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kata kunci: Metode Role Revelsal Question, keaktifan siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
APRILIA, WAHYUNIwahyuni.mhs@iaincurup.ac.id
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Fransiska, Jennyjennyfransiska@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:21
Last Modified: 06 Jan 2025 03:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7793

Actions (login required)

View Item View Item