Murjiyanti, Murjiyanti and Khair, Ummul and Irsal, Irni Latifa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Teknik Kancing Gemerincing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan berbicara siswa kelas IV MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui bagaimana keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran teknik Kancing Gemerincing. 2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran teknik Kancing Gemerincing terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya. Penelitian ini merupakan sebuah eksperimen dengan desain non equivalent control group design, populasi seluruh siswa kelas IV berjumlah 35 siswa, pengambilan sampel mengunakan teknik sampling jenuh, kelas IVA kelas eksperimen berjumlah 19 siswa dan kelas IVB kelas kontrol berjumlah 16 siswa. Kelas kontrol belajar dengan model pemebelajaran Konvensional, kelas eksperimen belajar dengan model pembelajaran tknik Kancing Gemerincing. Sebelum diberi perlakuan setiap kelas diberi pretest setelah diberi perlakuan setiap kelas diberi posttest. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis Independen Sampel T-Test. Hasil Penelitian Menunjukan; 1) Sebelum diterapkan keterampilan berbicara siswa dalam kategori kurang terampil sesudah diterapkan keteramilan berbicara siswa masuk dalam kategori terampil. 2) Ada pengaruh model pembelajaran teknik Kancing Gemerincing terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya. Terdapat peningkatan nilai yang signifikan pada aspek yang dinilai, aspek lafal terdapat 95% siswa nilainya meningkat, kosakata 68% siswa nilainya meningkat, kelancaran 89% siswa nilainya meningkat dan pemahaman 89% siswa nilainya meningkat.Kata Kunci : Model pembelajaran teknik kancing gemerincing, keterampilan berbicara
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:13 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:13 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7764 |
Actions (login required)
View Item |