Pengaruh Label Halal Dan Produk Viral Terhadap Keputusan Pembelian SkinCare Pada Mahasiswa IAIN CURUP

Marlena, Resi and Istan, Muhammad and Andriko, Andriko (2024) Pengaruh Label Halal Dan Produk Viral Terhadap Keputusan Pembelian SkinCare Pada Mahasiswa IAIN CURUP. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
prin cetak (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Curup Penelitian ini menganalisis pengaruh label halal dan produk viral terhadap keputusan pembelian skincare pada mahasiswa IAIN Curup. Skincare adalah perawatan kulit yang menggunakan produk-produk tertentu, khususnya untuk wajah. Bagi konsumen Muslim di Indonesia, sertifikasi halal menjadi faktor penting karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sumber data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Curup angkatan 2020-2023 yang menggunakan skincare berlabel halal dan produk viral berjumlah 3,254 orang. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster sampling yang berdasarkan karakteristik responden yaitu sebanyak 236. Alat bantu untuk analisis data menggunakan IBM SPSS version 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji t label halal (X1) sebesar 6.131 lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 1.970 (6.131>1.970) dengan taraf Signifikasi Sebesar 0.00 < 0.05. hal ini menunjukkan variable Label Halal (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Produk Viral (X2) dengan nilai thitung variabel (X2) sebesar 11.870 (11.870 > 1.970) dengan taraf signifikasi sebesar 0.00 < 0.05 hal ini menunjukkan variable Produk Viral (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Uji f menunjukkan bahwa nilai fhitung = 1293.707 dan Ftabel = 3.035 diketahui nilai sign 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 1293.707 > 3.035 yang berarti bahwa label halal (X1), produk viral (X2), secara bersama – sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Kata Kunci: skincare, label halal, produk viral, keputusan pembelian, mahasiswa IAIN Curup

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marlena, Resiresi.mhs@iaincurup.ac.id
Istan, MuhammadMuhammadistan@iaincurup.ac.id
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 23 Sep 2024 08:21
Last Modified: 23 Sep 2024 08:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7700

Actions (login required)

View Item View Item